Ingin membuat kata kunci posting Anda bertarget, Optimasi SEO, dan siap menggerakkan lebih banyak lalu lintas?
Apakah Anda ingin mempermudah mesin telusur untuk memahami kata kunci apa yang ditargetkan untuk peringkat blog Anda?
Jika Anda menjawab "iya" untuk semua ini, maka Anda akan mempelajari rahasia membuat posting blog Anda menjadi target kata kunci.
Ketika memulai untuk mengoptimalkan situs web atau posting blog, ada dua faktor utama yang dapat dimainkan:
Artikel ini akan fokus pada optimasi On-page, dan saya akan berbagi banyak, baik teknik SEO on-page Anda harus menerapkan ketika selesai menulis untuk mengoptimasi posting blog Anda.
Sekarang, Anda bisa memulai optimasi On-page dengan optimasi SEO On-page.
itu perlu.
Inilah yang Harsh katakan tentang upayanya untuk pulih dari Google Panda :
Jadi ketika kita melakukan optimasi-SEO sebuah posting, kita mengikuti serangkaian metode yang telah terbukti untuk menentukan peringkat lebih tinggi pada mesin pencari.
Sekarang, Google tidak hanya mempertimbangkan nilai SEO di halaman saat menempatkan sebuah artikel di search engine.
Ini juga memperhitungkan banyak faktor lain seperti sinyal media sosial (Like, suka, tweet, komentar, dll.), Tautan balik , otoritas domain , dan banyak metrik off-page lainnya.
Tujuan kami dengan SEO on-page adalah mengoptimalkan artikel dengan cara alami namun cerdas.
Sehingga mesin pencari dapat dengan mudah memilih kata kunci target dan membawa pengunjung situs yang ditargetkan.
Sebelum Anda membaca lebih lanjut, saya kira Anda tahu tentang penelitian kata kunci dan bagaimana menemukan kata kunci yang akan ditargetkan.
Banyak hal telah berubah selama beberapa tahun terakhir ini.
SEO off-page itu penting, SEO on-page tidak boleh terbengkalai.
Dengan SEO, ini adalah teknik meningkatkan rangking di google yang sangat bagus untuk meningkatkan pendapatan dari google adsense.
Secara khusus, aturan emas masih berlaku:
Alogritma Google saat ini lebih pintar dalam menentukan peringkat sebuah situs di Google, konten yang berkualitaslah yang akan menduduki peringkat pertama di google.
Jadi jika konten yang anda buat tidak berkualitas tidak akan bisa untuk mendapatkan peringkat di Google.
Konten yang berkualitas adalah:
Jika konten yang anda buat tidak memenuhi standar di atas, sebaiknya perbaiki konten anda dengan segera.
Satu hal yang saya sarankan Anda mulai lakukan adalah menambahkan video ke posting blog Anda.
Video tidak hanya akan meningkatkan jumlah media pada posting Anda (yang akan melibatkan pengguna), ini juga akan membuat posting Anda lebih informatif dan kaya konten.
2. Buat konten bagus.
Inilah 10 faktor optimasi on-page yang harus Anda ingat saat mengoptimalkan posting blog Anda.
Alasan untuk ini adalah karena semakin atraktif dan optimalnya judul Anda, semakin banyak orang akan mengklik.
Dan secara umum, semakin banyak klik yang didapat pos Anda, semakin tinggi rangkingnya.
Anda harus mencoba menggunakan kata kunci atau frase yang ditargetkan ke awal tag judul (H1), namun jika itu tidak memungkinkan, pastikan itu setidaknya di suatu tempat dalam judul.
Anda juga harus tidak mengulang kata kunci yang sama lebih dari satu kali dalam tag judul.
Banyak yang menganggap ini akan membantu artikel rank lebih tinggi.
Tidak akan. Itu benar-benar bisa melukai rangking Anda.
Jangan lakukan itu...
Dan usahakan panjang judulnya di bawah 65 karakter.
Sekali lagi, Anda harus menggunakan kata kunci target Anda di URL, dan hindari menggunakan karakter khusus, simbol, tanda kurung, koma, dll dalam URL sebenarnya.
Gunakan tanda hubung untuk membedakan string dalam struktur URL Anda.
Ini disebut permalink yang "cantik" dan didukung oleh kebanyakan browser web.
Contoh permalink yang bagus:
Https://www.domain.com/optimasi-seo-on-page
Di WordPress, tag judul ditetapkan pada H. Anda tidak perlu menggunakan tag H1 lagi di manapun di artikel ini.
Satu sudah cukup.
Terapka di tag H2 dan H3.
Selain itu, jangan gunakan terlalu banyak tag H2 atau H3 karena algoritme Google tidak akan seperti itu.
Pelajari cara menggunakan heading tag H1 sampai H6.
Gunakan kata kunci utama Anda sekali di paragraf pertama dan lagi di paragraf terakhir.
Dan gunakan dialam konten yang masuk akal.
Sekali lagi, Anda harus menggunakan kata kunci yang Anda gunakan bertarget dalam deskripsi meta, tapi jangan spam kata kunci deskripsi Anda.
Sementara mesin pencari menangkap kata kunci, penting juga bagi pengguna untuk mengeklik pos.
Anda perlu menulis deskripsi meta yang user-friendly yang masuk akal dan terkait dengan posting Anda.
Sehubungan dengan kata kunci meta, Google telah memperjelas bahwa mereka tidak mempedulikannya.
Tapi beberapa search engine, seperti Bing, mungkin masih peduli sedikit.
Kata kunci dalam "judul gambar" dan "teks alt" membantu membuat posting blog Anda lebih terfokus dan ditargetkan.
Tapi yang lebih penting dari itu:
Gambar membuat keterlibatan.
Dan semakin terlibat pengguna, semakin besar kemungkinan mereka bertahan, sehingga meningkatkan keseluruhan peringkat Anda.
Tapi ada satu hal penting yang harus diperhatikan.
Gambar besar akan memperlambat situs Anda, dan memiliki situs pemuatan yang lambat akan menurunkan peringkat Google Anda.
Jadi sangat penting untuk, jika anda menggunakan wordpress:
Itu karena mereka biasanya dilihat sebagai "kurang informatif".
Tentu ada pengecualian, tapi untuk blog berbasis informasi umum, membuat tulisan dengan setidaknya 500 kata cukup standar.
Selalu lebih baik diteliti dengan baik dan terlalu informatif daripada tidak memberikan informasi yang cukup.
Hal ini terutama berlaku jika Anda menargetkan kata kunci yang sangat kompetitif.
Saran:
Menganalisis posting lain untuk kata kunci target Anda dan lihat berapa banyak kata yang mereka miliki.
Meskipun tidak ada hitungan "resmi", pos lebih lama cenderung lebih baik karena biasanya ada lebih banyak informasi di sana.
Misalnya, posting ini lebih dari 2.000 kata.
Keterkaitan posting blog akan membantu pembaca blog Anda meluangkan lebih banyak waktu di blog Anda, dan ini juga akan membantu melewati peringkat halaman ke halaman lain di situs Anda.
Saat interlinking, coba gunakan kata kunci sebagai anchor text, tapi hati-hati jangan sampai berlebihan.
Internal Link yang relevan dengan mesin telusur acara pos asli sehingga Anda memberikan informasi tambahan melebihi apa yang ditampilkan di konten.
Tapi pastikan keterkaitan Anda relevan dan diperlukan.
Sekali lagi, lakukan ini hanya jika informasi di situs eksternal relevan dengan informasi di pos Anda.
Saat menautkan ke situs web eksternal, sebaiknya tautkan ke situs web tepercaya saja.
Dan jika Anda meragukan otoritas atau popularitas sebuah situs web, Anda bisa menggunakan tag nofollow untuk menghindari pengiriman tautan ke situs yang berpotensi buruk.
Anda harus menggunakan link dofollow untuk situs terpercaya dan link nofollow untuk situs yang kurang dapat dipercaya.
Seperti Wikipedia, atau CNN, atau pemain utama di bidang niche Anda, tidak hanya dapat dipercaya, mereka mungkin memiliki konten relevan yang disukai pembaca Anda.
Lebih lanjut tentang kegunaan perbedaan link doffolow vs noffolow.
Ini akan membuat situs Anda tampil lebih kredibel.
Jika Anda mencoba untuk mendapatkan dengan konten berkualitas rendah dan "trik" mesin pencari, Anda pasti akan gagal.
Pos Anda harus menjadi panduan lengkap untuk kata kunci tersebut.
Anda harus belajar bagaimana melibatkan audiens Anda dengan cara yang sesuai untuk mereka.
Coba tanyakan pertanyaan kepada pembaca dan jawab mereka.
Pahami apa yang ingin mereka baca, dan kemudian tulis itu.
Jika Anda tidak dapat menulis konten menarik, orang tidak akan menghabiskan banyak waktu di blog Anda, tingkat bouncing Anda akan meningkat, dan rangking Anda akan menurun.
Penempatan kata kunci:
Hal-hal lain:
Hal lain yang tidak disebutkan di sini:
Jadi ini adalah 10 tip yang akan membantu membuat SEO on-page Anda jauh lebih baik dan cenderung berprestasi di search engine.
Tapi penting untuk diingat:
Anda tidak bisa menipu mesin pencari.
Hal-hal yang berperingkat paling tinggi adalah hal-hal yang paling informatif, paling menarik, dan paling berguna.
Jadi berusaha untuk menciptakan konten yang disukai pembaca, dan mesin pencari juga akan mencintaimu.
Apa tip anda untuk mengoptimalkan posting blog? Bagikan mereka dengan saya di komentar di bawah ini!
Seperti panduan ini? Jangan lupa untuk membagikannya!
Apakah Anda ingin mempermudah mesin telusur untuk memahami kata kunci apa yang ditargetkan untuk peringkat blog Anda?
Jika Anda menjawab "iya" untuk semua ini, maka Anda akan mempelajari rahasia membuat posting blog Anda menjadi target kata kunci.
Ketika memulai untuk mengoptimalkan situs web atau posting blog, ada dua faktor utama yang dapat dimainkan:
Artikel ini akan fokus pada optimasi On-page, dan saya akan berbagi banyak, baik teknik SEO on-page Anda harus menerapkan ketika selesai menulis untuk mengoptimasi posting blog Anda.
Sekarang, Anda bisa memulai optimasi On-page dengan optimasi SEO On-page.
- Onsite SEO mengacu pada optimalisasi keseluruhan situs web dengan hal-hal seperti sitemtering dan setting permalink structure.
- On-page SEO mengoptimalkan konten untuk kata kunci target dalam satu posting blog.
Mengapa Anda Perlu Optimasi On-Page?
Nah, ketika beberapa blogger mendengar istilah "Optimasi SEO Artikel", apakah perlu untuk mengoptimasi situs.itu perlu.
Inilah yang Harsh katakan tentang upayanya untuk pulih dari Google Panda :
"Mesin pencari tidak lebih dari satu set algoritma. Mereka melihat berbagai faktor untuk menentukan peringkat halaman Anda untuk kata kunci tertentu. Sekarang, kita perlu membantu mesin pencari mengidentifikasi kata kunci target dari posting agar postingan ini lebih mudah diingat oleh pembaca".Berikut adalah beberapa hal untuk dipikirkan:
- Mengapa Situs Anda tidak Menduduki peringkat di halaman pertama hasil pencarian?
Jadi ketika kita melakukan optimasi-SEO sebuah posting, kita mengikuti serangkaian metode yang telah terbukti untuk menentukan peringkat lebih tinggi pada mesin pencari.
Sekarang, Google tidak hanya mempertimbangkan nilai SEO di halaman saat menempatkan sebuah artikel di search engine.
Ini juga memperhitungkan banyak faktor lain seperti sinyal media sosial (Like, suka, tweet, komentar, dll.), Tautan balik , otoritas domain , dan banyak metrik off-page lainnya.
Tujuan kami dengan SEO on-page adalah mengoptimalkan artikel dengan cara alami namun cerdas.
Sehingga mesin pencari dapat dengan mudah memilih kata kunci target dan membawa pengunjung situs yang ditargetkan.
Sebelum Anda membaca lebih lanjut, saya kira Anda tahu tentang penelitian kata kunci dan bagaimana menemukan kata kunci yang akan ditargetkan.
Banyak hal telah berubah selama beberapa tahun terakhir ini.
SEO off-page itu penting, SEO on-page tidak boleh terbengkalai.
Dengan SEO, ini adalah teknik meningkatkan rangking di google yang sangat bagus untuk meningkatkan pendapatan dari google adsense.
Secara khusus, aturan emas masih berlaku:
- Konten adalah raja.
Alogritma Google saat ini lebih pintar dalam menentukan peringkat sebuah situs di Google, konten yang berkualitaslah yang akan menduduki peringkat pertama di google.
Jadi jika konten yang anda buat tidak berkualitas tidak akan bisa untuk mendapatkan peringkat di Google.
Konten yang berkualitas adalah:
- Bisa memecahkan permasalahan pengguna
- Lebih menonjol dibanding konten lainnya
- Disimak dalam waktu yang lama
- Tidak membuat pembacanya frustasi
- Bermanfaat bagi pengguna
Jika konten yang anda buat tidak memenuhi standar di atas, sebaiknya perbaiki konten anda dengan segera.
Satu hal yang saya sarankan Anda mulai lakukan adalah menambahkan video ke posting blog Anda.
Video tidak hanya akan meningkatkan jumlah media pada posting Anda (yang akan melibatkan pengguna), ini juga akan membuat posting Anda lebih informatif dan kaya konten.
10 Teknik Optimasi On-Page Untuk Peringkat Lebih Baik di tahun 2017
Sebelum saya membagikan beberapa trik spesifik, berikut adalah beberapa hal non teknis yang dapat Anda gabungkan hari ini:1. Tingkatkan pengalaman pengguna.
- Pastikan situs Anda tanggap dan link rusak dijaga seminimal mungkin.
- Pastikan pembaca yang datang dari mesin pencari menghabiskan banyak waktu di situs Anda. Jika mereka menekan tombol kembali dengan cepat, rangking Anda akan turun dengan cepat juga.
- Pastikan situs Anda mempertahankan standar profesionalisme.
- Gunakan teknik copywriting yang tepat untuk membuat orang bertahan.
2. Buat konten bagus.
- Cobalah menggunakan sub-judul yang digerakkan oleh manfaat agar lebih menarik.
- Carilah umpan balik dan perbaiki.
Inilah 10 faktor optimasi on-page yang harus Anda ingat saat mengoptimalkan posting blog Anda.
1. Judul Posting Blog
Ini adalah faktor SEO on-page yang paling penting.Alasan untuk ini adalah karena semakin atraktif dan optimalnya judul Anda, semakin banyak orang akan mengklik.
Dan secara umum, semakin banyak klik yang didapat pos Anda, semakin tinggi rangkingnya.
Anda harus mencoba menggunakan kata kunci atau frase yang ditargetkan ke awal tag judul (H1), namun jika itu tidak memungkinkan, pastikan itu setidaknya di suatu tempat dalam judul.
Anda juga harus tidak mengulang kata kunci yang sama lebih dari satu kali dalam tag judul.
Banyak yang menganggap ini akan membantu artikel rank lebih tinggi.
Tidak akan. Itu benar-benar bisa melukai rangking Anda.
Jangan lakukan itu...
Dan usahakan panjang judulnya di bawah 65 karakter.
2. Struktur Post Permalink
Memastikan bahwa URL Anda ditampilkan dengan benar dan ini penting.Sekali lagi, Anda harus menggunakan kata kunci target Anda di URL, dan hindari menggunakan karakter khusus, simbol, tanda kurung, koma, dll dalam URL sebenarnya.
Gunakan tanda hubung untuk membedakan string dalam struktur URL Anda.
Ini disebut permalink yang "cantik" dan didukung oleh kebanyakan browser web.
Contoh permalink yang bagus:
Https://www.domain.com/optimasi-seo-on-page
3. Tag Judul
Anda harus menggunakan tag judul untuk menyorot berbagai judul, sub-judul, dan poin penting.Di WordPress, tag judul ditetapkan pada H. Anda tidak perlu menggunakan tag H1 lagi di manapun di artikel ini.
Satu sudah cukup.
Terapka di tag H2 dan H3.
Selain itu, jangan gunakan terlalu banyak tag H2 atau H3 karena algoritme Google tidak akan seperti itu.
Pelajari cara menggunakan heading tag H1 sampai H6.
4. Keyword Density
"Anda harus menjaga kepadatan kata kunci sekitar 1,5% persen dengan campuran kata kunci LSI".Gunakan kata kunci utama Anda sekali di paragraf pertama dan lagi di paragraf terakhir.
Dan gunakan dialam konten yang masuk akal.
5. Tag Meta
Anda harus menambahkan deskripsi meta yang unik dan relevan dengan setiap entri blog.Sekali lagi, Anda harus menggunakan kata kunci yang Anda gunakan bertarget dalam deskripsi meta, tapi jangan spam kata kunci deskripsi Anda.
Sementara mesin pencari menangkap kata kunci, penting juga bagi pengguna untuk mengeklik pos.
Anda perlu menulis deskripsi meta yang user-friendly yang masuk akal dan terkait dengan posting Anda.
Sehubungan dengan kata kunci meta, Google telah memperjelas bahwa mereka tidak mempedulikannya.
Tapi beberapa search engine, seperti Bing, mungkin masih peduli sedikit.
6. Gambar
Pengoptimalan gambar memang banyak membantu dalam mengarahkan lalu lintas dari pencarian gambar.Kata kunci dalam "judul gambar" dan "teks alt" membantu membuat posting blog Anda lebih terfokus dan ditargetkan.
Tapi yang lebih penting dari itu:
Gambar membuat keterlibatan.
Dan semakin terlibat pengguna, semakin besar kemungkinan mereka bertahan, sehingga meningkatkan keseluruhan peringkat Anda.
Tapi ada satu hal penting yang harus diperhatikan.
Gambar besar akan memperlambat situs Anda, dan memiliki situs pemuatan yang lambat akan menurunkan peringkat Google Anda.
Jadi sangat penting untuk, jika anda menggunakan wordpress:
- Kompres gambar
- Gunakan plugin caching
- Gunakan CDN
7. Word Count Per Post
Posting blog yang tidak memiliki banyak kata biasanya tidak berkinerja baik di search engine.Itu karena mereka biasanya dilihat sebagai "kurang informatif".
Tentu ada pengecualian, tapi untuk blog berbasis informasi umum, membuat tulisan dengan setidaknya 500 kata cukup standar.
Selalu lebih baik diteliti dengan baik dan terlalu informatif daripada tidak memberikan informasi yang cukup.
Hal ini terutama berlaku jika Anda menargetkan kata kunci yang sangat kompetitif.
Saran:
Menganalisis posting lain untuk kata kunci target Anda dan lihat berapa banyak kata yang mereka miliki.
Meskipun tidak ada hitungan "resmi", pos lebih lama cenderung lebih baik karena biasanya ada lebih banyak informasi di sana.
Misalnya, posting ini lebih dari 2.000 kata.
8. Internal Link
Tempatkan link ke posting terkait dari blog Anda di dalam posting blog Anda.Keterkaitan posting blog akan membantu pembaca blog Anda meluangkan lebih banyak waktu di blog Anda, dan ini juga akan membantu melewati peringkat halaman ke halaman lain di situs Anda.
Saat interlinking, coba gunakan kata kunci sebagai anchor text, tapi hati-hati jangan sampai berlebihan.
Internal Link yang relevan dengan mesin telusur acara pos asli sehingga Anda memberikan informasi tambahan melebihi apa yang ditampilkan di konten.
Tapi pastikan keterkaitan Anda relevan dan diperlukan.
9. Eksternal Link
Selain menghubungkan ke posting blog Anda sendiri, ini adalah ide bagus untuk menghubungkan ke situs web eksternal juga.Sekali lagi, lakukan ini hanya jika informasi di situs eksternal relevan dengan informasi di pos Anda.
Saat menautkan ke situs web eksternal, sebaiknya tautkan ke situs web tepercaya saja.
Dan jika Anda meragukan otoritas atau popularitas sebuah situs web, Anda bisa menggunakan tag nofollow untuk menghindari pengiriman tautan ke situs yang berpotensi buruk.
Anda harus menggunakan link dofollow untuk situs terpercaya dan link nofollow untuk situs yang kurang dapat dipercaya.
Seperti Wikipedia, atau CNN, atau pemain utama di bidang niche Anda, tidak hanya dapat dipercaya, mereka mungkin memiliki konten relevan yang disukai pembaca Anda.
Lebih lanjut tentang kegunaan perbedaan link doffolow vs noffolow.
Ini akan membuat situs Anda tampil lebih kredibel.
10. Tulis Konten Terlibat
Anda harus menulis konten yang menarik. Periode.Jika Anda mencoba untuk mendapatkan dengan konten berkualitas rendah dan "trik" mesin pencari, Anda pasti akan gagal.
Pos Anda harus menjadi panduan lengkap untuk kata kunci tersebut.
Anda harus belajar bagaimana melibatkan audiens Anda dengan cara yang sesuai untuk mereka.
Coba tanyakan pertanyaan kepada pembaca dan jawab mereka.
Pahami apa yang ingin mereka baca, dan kemudian tulis itu.
Jika Anda tidak dapat menulis konten menarik, orang tidak akan menghabiskan banyak waktu di blog Anda, tingkat bouncing Anda akan meningkat, dan rangking Anda akan menurun.
Daftar Periksa SEO On-Page:
Berikut adalah daftar periksa yang bisa Anda gunakan untuk memastikan Anda melakukan segala kemungkinan untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi di search engine.Penempatan kata kunci:
- Kata kunci dalam judulKata kunci di permalink Kata kunci di paragraf pertama.
- Kata kunci pada tag alt gambar
- Gunakan kata kunci LSI dalam tubuh (wordpress: gunakan plugin SEOPressor untuk menemukan kata kunci yang terkait).
- Gunakan kata kunci LSI dalam H2 atau H3.
- Kepadatan kata kunci sekitar 1,5%.
Hal-hal lain:
- Hapus semua kata berhenti dari permalink.
- Tambahkan multimedia (video, slide, infografis jika diperlukan).
- Minimal 500 kata.
- Optimalkan gambar sebelum mengunggah (kompres dan ubah ukuran).
- Optimalkan kecepatan pemuatan halaman.
- Buat judul meta kurang dari 65 karakter.
- Buat deskripsi meta kurang dari 150 karakter.
- Tautan internal ke artikel terkait.
- Tautan keluar ke situs berkualitas tinggi yang relevan.
Hal lain yang tidak disebutkan di sini:
- Pastikan untuk menambahkan gambar untuk Facebook, Twitter, dll.
- Pastikan untuk memiliki tombol berbagi sosial baik di akhir atau mengambang di situs posting Anda. Gunakan plugin Sumome.
- Memiliki posting terkait setelah setiap posting untuk menurunkan tingkat bouncing.
Hal-hal yang tidak boleh dilakukan:
- Jangan menaruh lebih dari satu tag H1 (judul posting Anda adalah H1).
- Jangan ulangi tag H2 dan H3 yang sama.
Hal yang harus dipusatkan:
- Gunakan kata kunci Anda di judul posting.
- Gunakan kata kunci ekor panjang.
- Jika menulis di ceruk evergreen, hapus tanggal dari posting. (Gunakan plugin SEO Eksekusi Tanggal ).
- Panjang isi: Semakin banyak konten, semakin bagus. Tapi jangan mencoba untuk menambahkan isi yang tidak perlu agar poslingan lebih panjang isi.
- Di akhir posting blog, mintalah pengguna untuk mengambil tindakan.
Jadi ini adalah 10 tip yang akan membantu membuat SEO on-page Anda jauh lebih baik dan cenderung berprestasi di search engine.
Tapi penting untuk diingat:
Anda tidak bisa menipu mesin pencari.
Hal-hal yang berperingkat paling tinggi adalah hal-hal yang paling informatif, paling menarik, dan paling berguna.
Jadi berusaha untuk menciptakan konten yang disukai pembaca, dan mesin pencari juga akan mencintaimu.
Apa tip anda untuk mengoptimalkan posting blog? Bagikan mereka dengan saya di komentar di bawah ini!
Seperti panduan ini? Jangan lupa untuk membagikannya!
Pengoptimalan gambar, itu yang saya lakukan, karena memang blog saya lebih mengutamakan gambar ,dan itu sangatlah membantu. Pastinya gambar hasi krasi sendiri bukan dari pihak lain.
ReplyDeleteSangat bagus mas djangkaru.. dengan mengoptimalkan gambar bukan hanya membuat artikel anda lebih SEO friandly, tapi juga bisa mengundang backlink yang berkualitas.... apalagi gambar hasil karya sendiri, ketika ada seorang bloger yang membutuhkan gambar untuk postingannya, dan blogger tersebut mengambil gambar karya anda dan mencantumkan sumber gambar yang tidak lain adalah situs mas Djangkaru, itu akan sangat menguntungkan sekali. Terimakasih sudah berkunjung😀
DeleteLengkap sekali mas, izin coba ini yang saya cari😀
ReplyDelete