SEO Off-page mengacu pada teknik yang bisa digunakan untuk memperbaiki posisi sebuah situs untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di google.
Mari kita mulai…
Apa itu SEO?
Optimasi mesinpencari adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekumpulan proses yang bertujuan untuk mengoptimalkan situs web untuk mesin pencari.
SEO penting…
Tidak hanya untuk mendapatkan visitor organic dari google, tapi juga untuk meningkatkan keramahan terhadap pengguna situs web anda dan meningkatkan kredibilitasnya.
Mesin pencari menggunakan alogritma kompleks untuk menentukan halaman mana yang pantas berada di peringkat pertama google.
SEO adalah teknik untuk berbicara kepada mesin pencari dalam bahasa yang bisa mereka mengerti dan memberi mereka informasi tentang apa tujuan situs anda.
SEO memiliki dua komponen utama, yaitu:
Kiat SEO On-page yang paling penting adalah:
Tidak seperti SEO On-page…
SEO Off-page mengacu pada aktifitas yang dapat anda lakukan diluar situs web anda.
Diantaranya:
Teknik SEO Off-page adalah cara dimana anda membangun sebuah rumah, merek / brand produk (website) anda agar lebih dikelan oleh masyarakat yang akan memberikan sinyal kepada mesin pencari google tentang situs web anda.
Untuk mencapai hal ini, mereka menghitung semua faktor SEO On-page, dan SEO Off-page.
SEO Off-page memberi mereka indikasi yang sangat bagus tentang bagaimana dunia (situs dan pengguna lain) melihat situs web anda.
Sebuah situs yang berkualitas cenderung memiliki referensi (link) dari situs-situs lain.
Seperti dari:
Ketika ada seseorang menanyakan suatu hal di sebuah komunitas, dan karena jawabanya akan terlalu panjang untuk di tulis di sebuah komentar, salah satu orang dari mereka mereferensikan postingan anda untuk menjadi jawaban pertanyaan tersebut.
Kenaikan peringkat-Situs web akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di SERPs dan ini berarti akan lebih banyak lalulintas.
Page Rank naik-Page rank adalah angka antara 0 sampai 10 yang mengindikasikan betapa pentingya sebuah website di mata Google.
System ini diciptakan pertama kali oleh Sergey Brin (pendiri Google), dan ini adalah salah satu alasan Google begitu sukses dengan menunjukan hasil yang paling relevan kepada penggunanya di search engine.
Rangking halaman saat ini hanya satu dari 250 faktor yang digunakan oleh google untuk menentukan peringkat situs web.
Pemaparan yang lebih tinggi- Peringkat yang lebih tinggi juga berarti keterpaparan yang lebih besar, karena ketika sebuah situs web menempati posisi teratas:
Pada dasarnya, membangun link eksternal ke situs web anda, anda mencoba mengumpulkan sebanyak mungkin, sehingga anda dapat melewati pesaing anda dan mendapatkan peringkat lebih tinggi.
Untuk membangun link ke situs anda, dan mendapatkan rangking yang lebih tinggi, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan, diantaranya:
Direktori Blog- dengan membuat artikel dan mempublikasikan dari direktorat blog ke sosial media anda bisa mendapatkan backlink ke situs anda.
Signatures Forum- ada banyak orang yang berkomentar di forum-forum tertentu, dan tujuannya tidak lain adalah untuk mendapatkan link ke website mereka.
Link komentar- konsep yang sama seperti Signature Forum dimana anda akan mengomentari situs web lain dan anda akan mendapatkan backlink.
Direktorat Konten- situs web seperti hubpages dan infobarrel memungkinkan anda untuk mempublikasikan konten dan sebagai gantinya anda akan mendapatkan backlink be blog anda.
Tukar Link- saling tukar link dari web satu ke web lainnya, tapi harus pada satu niche dan berhati-hatilah akan dampak alogritma google jika dilakukan dengan cara yang salah.
Anda bisa menggunakan metode Link Tiga Arah.
Situa A menautkan ke situs B
Situs B menautkan ke situs C
Situs C menautkan kembali ke situ A
Sebaiknya hindari hal-hal yang bertentangan dengan alogritma google.
Alih-alih anda mendapatkan rangking yang tinggi, tapi pinalti google yang anda dapatkan yang akan membuat rangkin web anda turun.
Cara terbaik untuk membangun SEO Off-page tidak lain adalah menjadikan profil jejaring social anda memiliki nilai.
Secara tidak langsung, ini juga akan berdampak positif pada apa yang anda promosikan.
Menjadikan situs web anda lebih dikenal banyak orang dan mendapatkan lebih besar lalulintas ke blog anda.
Yang berarti bahwa akun social media anda adalah rumah web anda di SEO Of-page.
Banyak spamer memanfaatkan dengan membangun ribuan link untuk mendapatkan peringkat di google.
Tapi ini sudah tidak berlaku lagi.
Mungkin bisa menaikan peringkat anda untuk sementara waktu, yang selanjutnya mungkin situs web anda akan dikenakan sanksi oleh google dan menurunkan peringkatnya di search engine.
Jika anda menggunakan Blogger.com sebagai platform blog anda, jangan sekali-kali anda melakukan hal ini.
Google bisa saja bukan hanya memberikan pinalti, tapi akan menghapus situs anda secara permanen.
Hal ini dilakukan agar anda dapat terhubung ke situs web lain dari blog anga tanpa mengambil resiko karena menjual atau bertukar link.
Gunakan tag dibawah ini untuk membuat link Nofollow:
Ganti www.myuzi.net menjadi alamat situs yang anda tujukan, dan danti judul link tersebut (Contoh Aja).
Untuk berjaga-jaga, gunakan tag tersebut setiap anda menautkan link ekternal ke halaman lain yang kurang anda percayai, link komentar, link blogroll dan iklan bener yang anda pasang.
Lihat lebih lanjut tentang link dofolloe dan nofollow.
Dengan kata lain….
Tidak masalah berapa banyak link yang menuju ke situs web anda tapi berasal dari mana link tersebut datang.
Media Sosial
Media social adalah bagian dari SEO Off-site, ini disebut link building.
Perlu anda catat…
Bahwa setiap link yang anda dapat dari media social adalah link “Nofollow”.
Tetapi ini tidak berarti bahwa mereka tidak memiliki nilai apapun.
Ini akan semakin menguatkan sebagai factor peringkat jika dilakukan dengan tepat.
Social Bookmarking
Teknik ini tidak sepopuler dulu, tapi cara ini masih cukup efektif untuk mendapatkan lalulintas ke web anda.
Anda bisa memanfaatkan situs seperti reddit.com, stumbleupon.com, scoop.it atau delicious.com untuk mempromosikan konten ada.
Jadi...
SEO Off-page yaitu usaha untuk mendapatkan backling yang berkualitas, membangun rumah, imej, merek website anda agar lebih dikenal banyak orang yang akan memberikan sinyal kepada search engine tentang nilai situs anda di mata para penggunanya.
Semakin situs web anda dikelal orang, maka akan semakin bagus.
Cari follower / pengikut akun social media anda sebanyak mungkin.
Hal ini wajib dilakukan oleh blogger pemula yang belum memiliki nama, merek.
Seperti yang dilakukan oleh beberapa orang di salah satu komunitas Google plus:
Bertambahnya pengikut akun social media mereka berarti bertambah pula pengunjung blog.
Semakin banyak yang membantu share postingan mereka di sosmed dan semakin banyak pula link menuju situs mereka.
Dan inilah yang akan menjadikan merek atau brand anda menjadi lebih banyak di kenal orang dan bagus di mata search engine.
Jadi tunggu apa lagi…
Mulai dari sekarang, untuk membangun brand anda.
Optimasi SEO tidak lain adalah usaha untuk meningkatkan traffik blog.
Jika anda ingin kampanye SEO anda sukses, anda harus melakukan keduanya (SEO On-page dan SEO Off-page).
Anda punya pandangan lain tentang SEO Off-page…?
Saran / kritik anda di kolom komentar dibawah ini.
Artikel ini bermannfaat bagi anda…? Bagikan kepada teman anda. Terimakasih.
Mari kita mulai…
Apa itu SEO?
Optimasi mesinpencari adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekumpulan proses yang bertujuan untuk mengoptimalkan situs web untuk mesin pencari.
SEO penting…
Tidak hanya untuk mendapatkan visitor organic dari google, tapi juga untuk meningkatkan keramahan terhadap pengguna situs web anda dan meningkatkan kredibilitasnya.
Mesin pencari menggunakan alogritma kompleks untuk menentukan halaman mana yang pantas berada di peringkat pertama google.
SEO adalah teknik untuk berbicara kepada mesin pencari dalam bahasa yang bisa mereka mengerti dan memberi mereka informasi tentang apa tujuan situs anda.
SEO memiliki dua komponen utama, yaitu:
- SEO On-page
- SEO Off-page
SEO On-page
SEO On-page mengacu pada teknik yang bisa anda terapkan di situs web anda, sehingga bisa di optimalkan untuk search engine.Kiat SEO On-page yang paling penting adalah:
- Optimasi pada judul dan meta deskripsi.
- Struktur URL yang tepat.
- Navigasi ramah pengguna.
- Internal link.
- Format teks (menggunakan H1,H2 –H6).
- Optimasi gambar (ukuran gambar, tag ALT, judul dan deskripsi gambar).
- Loading blog.
- Mobile friendly.
- User friendly.
- Konten berkualitas dan terupdate.
- Link external (hindari link rusak)
SEO Off-page
Ini agak sedikit berbeda.Tidak seperti SEO On-page…
SEO Off-page mengacu pada aktifitas yang dapat anda lakukan diluar situs web anda.
Diantaranya:
- Membangun backlink
- Promosi social media
- Bookmark ke jejaring social
Teknik SEO Off-page adalah cara dimana anda membangun sebuah rumah, merek / brand produk (website) anda agar lebih dikelan oleh masyarakat yang akan memberikan sinyal kepada mesin pencari google tentang situs web anda.
Seberapa penting SEO Off-page untuk sitis web anda?
Mesin pencari telah berusaha selama puluhan tahun untuk memperbaiki alogritmanya untuk menemukan cara untuk menampilkan hasil yang terbaik untuk penggunanya di mesin pencari.Untuk mencapai hal ini, mereka menghitung semua faktor SEO On-page, dan SEO Off-page.
SEO Off-page memberi mereka indikasi yang sangat bagus tentang bagaimana dunia (situs dan pengguna lain) melihat situs web anda.
Sebuah situs yang berkualitas cenderung memiliki referensi (link) dari situs-situs lain.
Seperti dari:
- Jumlah like di facebook / Google plus.
- Tweets di twetter.
- Dan cenderung menjadi bookmarked di berbagai komunitas lainnya.
Ketika ada seseorang menanyakan suatu hal di sebuah komunitas, dan karena jawabanya akan terlalu panjang untuk di tulis di sebuah komentar, salah satu orang dari mereka mereferensikan postingan anda untuk menjadi jawaban pertanyaan tersebut.
Manfaat SEO Off-site bagi pemilik situs web
Strategi SEO Off-site yang sukses akan menghasilkan keuntungan bagi pemilik web, diantaranya:Kenaikan peringkat-Situs web akan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di SERPs dan ini berarti akan lebih banyak lalulintas.
Page Rank naik-Page rank adalah angka antara 0 sampai 10 yang mengindikasikan betapa pentingya sebuah website di mata Google.
System ini diciptakan pertama kali oleh Sergey Brin (pendiri Google), dan ini adalah salah satu alasan Google begitu sukses dengan menunjukan hasil yang paling relevan kepada penggunanya di search engine.
Rangking halaman saat ini hanya satu dari 250 faktor yang digunakan oleh google untuk menentukan peringkat situs web.
Pemaparan yang lebih tinggi- Peringkat yang lebih tinggi juga berarti keterpaparan yang lebih besar, karena ketika sebuah situs web menempati posisi teratas:
- Mendapat lebih banyak lalulintas.
- Berpeluang mendapat backlink lebih besar.
- Lebih banyak di sebutkan oleh orang sebagai rujukan di berbagai jejaring social.
Membangun Link
Membangun link adalah salah satu metode SEO Off-page yang paling popular dan efektif.Pada dasarnya, membangun link eksternal ke situs web anda, anda mencoba mengumpulkan sebanyak mungkin, sehingga anda dapat melewati pesaing anda dan mendapatkan peringkat lebih tinggi.
Untuk membangun link ke situs anda, dan mendapatkan rangking yang lebih tinggi, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan, diantaranya:
Direktori Blog- dengan membuat artikel dan mempublikasikan dari direktorat blog ke sosial media anda bisa mendapatkan backlink ke situs anda.
Signatures Forum- ada banyak orang yang berkomentar di forum-forum tertentu, dan tujuannya tidak lain adalah untuk mendapatkan link ke website mereka.
Link komentar- konsep yang sama seperti Signature Forum dimana anda akan mengomentari situs web lain dan anda akan mendapatkan backlink.
Direktorat Konten- situs web seperti hubpages dan infobarrel memungkinkan anda untuk mempublikasikan konten dan sebagai gantinya anda akan mendapatkan backlink be blog anda.
Tukar Link- saling tukar link dari web satu ke web lainnya, tapi harus pada satu niche dan berhati-hatilah akan dampak alogritma google jika dilakukan dengan cara yang salah.
Anda bisa menggunakan metode Link Tiga Arah.
Situa A menautkan ke situs B
Situs B menautkan ke situs C
Situs C menautkan kembali ke situ A
Sebaiknya hindari hal-hal yang bertentangan dengan alogritma google.
Alih-alih anda mendapatkan rangking yang tinggi, tapi pinalti google yang anda dapatkan yang akan membuat rangkin web anda turun.
Cara terbaik untuk membangun SEO Off-page tidak lain adalah menjadikan profil jejaring social anda memiliki nilai.
Secara tidak langsung, ini juga akan berdampak positif pada apa yang anda promosikan.
Menjadikan situs web anda lebih dikenal banyak orang dan mendapatkan lebih besar lalulintas ke blog anda.
Yang berarti bahwa akun social media anda adalah rumah web anda di SEO Of-page.
Teknik jadul: Black Hat SEO
Membangun link adalah cara mudah untuk memanipulasi alogritma search engine.Banyak spamer memanfaatkan dengan membangun ribuan link untuk mendapatkan peringkat di google.
Tapi ini sudah tidak berlaku lagi.
Mungkin bisa menaikan peringkat anda untuk sementara waktu, yang selanjutnya mungkin situs web anda akan dikenakan sanksi oleh google dan menurunkan peringkatnya di search engine.
Jika anda menggunakan Blogger.com sebagai platform blog anda, jangan sekali-kali anda melakukan hal ini.
Google bisa saja bukan hanya memberikan pinalti, tapi akan menghapus situs anda secara permanen.
Link Dofollow atau Nofollow
Selain hal diatas ada cara khusus untuk menautkan situs tanpa menulis link juice untuk memberi tahu ke webmaster.Hal ini dilakukan agar anda dapat terhubung ke situs web lain dari blog anga tanpa mengambil resiko karena menjual atau bertukar link.
Gunakan tag dibawah ini untuk membuat link Nofollow:
“<a hreff=http://www.myuzi.net rel=”nofollow”>Contoh Aja</a>
Ganti www.myuzi.net menjadi alamat situs yang anda tujukan, dan danti judul link tersebut (Contoh Aja).
Untuk berjaga-jaga, gunakan tag tersebut setiap anda menautkan link ekternal ke halaman lain yang kurang anda percayai, link komentar, link blogroll dan iklan bener yang anda pasang.
Lihat lebih lanjut tentang link dofolloe dan nofollow.
Bagaimana Link yang Berkualitas
Anda harus mengerti bahwa membangun link itu bukan hanya kualitas tapi juga soal kuantitas.Dengan kata lain….
Tidak masalah berapa banyak link yang menuju ke situs web anda tapi berasal dari mana link tersebut datang.
- Link yang mengarah ke situs web anda adalah link yang alami, misalnya seseorang blogger menyukai artikel anda dan dia menambahkan link ke blog anda.
- Link berasal dari situs web yang masih satu niche dan satu bahasa.
Media Sosial
Media social adalah bagian dari SEO Off-site, ini disebut link building.
Perlu anda catat…
Bahwa setiap link yang anda dapat dari media social adalah link “Nofollow”.
Tetapi ini tidak berarti bahwa mereka tidak memiliki nilai apapun.
Ini akan semakin menguatkan sebagai factor peringkat jika dilakukan dengan tepat.
Social Bookmarking
Teknik ini tidak sepopuler dulu, tapi cara ini masih cukup efektif untuk mendapatkan lalulintas ke web anda.
Anda bisa memanfaatkan situs seperti reddit.com, stumbleupon.com, scoop.it atau delicious.com untuk mempromosikan konten ada.
Jadi...
SEO Off-page yaitu usaha untuk mendapatkan backling yang berkualitas, membangun rumah, imej, merek website anda agar lebih dikenal banyak orang yang akan memberikan sinyal kepada search engine tentang nilai situs anda di mata para penggunanya.
Semakin situs web anda dikelal orang, maka akan semakin bagus.
Cari follower / pengikut akun social media anda sebanyak mungkin.
Hal ini wajib dilakukan oleh blogger pemula yang belum memiliki nama, merek.
- Aktif di social media adalah cara terbaik untuk membangun merek dagang anda.
- Aktif berkomentar yang positif.
- Bertanya dengan pertanyaan yang berkualitas.
- Membantu memecahkan masalah angota lain.
- Membantu share postingan teman.
Seperti yang dilakukan oleh beberapa orang di salah satu komunitas Google plus:
- Nino artikel
- Fadliansyah trump
- Bang izal toys
- Syamsul
Bertambahnya pengikut akun social media mereka berarti bertambah pula pengunjung blog.
Semakin banyak yang membantu share postingan mereka di sosmed dan semakin banyak pula link menuju situs mereka.
Dan inilah yang akan menjadikan merek atau brand anda menjadi lebih banyak di kenal orang dan bagus di mata search engine.
Jadi tunggu apa lagi…
Mulai dari sekarang, untuk membangun brand anda.
Optimasi SEO tidak lain adalah usaha untuk meningkatkan traffik blog.
Jika anda ingin kampanye SEO anda sukses, anda harus melakukan keduanya (SEO On-page dan SEO Off-page).
Anda punya pandangan lain tentang SEO Off-page…?
Saran / kritik anda di kolom komentar dibawah ini.
Artikel ini bermannfaat bagi anda…? Bagikan kepada teman anda. Terimakasih.
Mantap artikelnya om 😊
ReplyDeleteIzin share ya 😁
Trimkasih mas izal 😀
ReplyDeletejozz artikelnya om,, jelas dan gamblang , mau belajar SEO biar ranking naik 😂
ReplyDeleteInformasinya sangat lengkap sekali. Tpi saya msh kurang jelas dengan link dofollow dan nofollow. Newbie masih gelap. Hehehe
ReplyDeletePengertian Dofollow dan Nofollow
DeleteKata dofollow berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari kata "do" dan "follow" yang artinya "mengikuti".
Jika ada link yang tertaut di dalam postingan ke situs lain secara dofollow, artinya blog tersebut mengikuti link yang ditautkan.
Google Bot saat melakukan crawl (perayapan) kepada situs yang ditautkan tersebut.
Google Bot akan mengindexnya sampai ke akar-akarnya.
Sedangkan kata nofollow terdiri dari dua suku kata yakni "no" dan "follow" yang artinya "tidak mengikuti".
Jika link di dalam postingan dipasang secara nofollow, maka saat Google melakukan crawl, tidak akan di index sama sekali.
Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow
Dari pengertiannya, sebenarnya sudah dijelaskan secara gamblang perbedaan kedua link ini.
Namun, dalam struktur penulisan, keduanya sangat berbeda.
Link dofollow sebenarnya bersifat default.
Yang artinya, setiap link dalam postingan akan otomatis dofollow jadi tidak perlu melakukan apa-apa kalau berniat membuat link dofollow.
Jika ingin memberikan link dofollow kepada orang lain, baiknya link tersebut ditautkan dalam teks yang mengandung kata kunci tertarget agar saat Google melakukan perayapan, kata kunci dan linknya langsung di index.
Kalau ingin memberi link kepada orang persorangan, baiknya menggunakan link dofollow karena akan saling menguntungkan.
Sedangkan untuk membuat link nofollow sedikit berbeda dengan dofollow.
Link ini menegaskan agar Google Bot tidak melakukan crawl kepada link yang bersangkutan.
Tapi pengunjung yang melakukan klik link akan tetap diarahkan ke situs tujuan.
Untuk membuatnya di blogspot sangat mudah.
Cukup seperti cara memasukkan link pada umumnya.
Yang harus diperhatikan adalah mencentang tulisan add 'rel=nofollow' attribute yang ada di bagian akhir.
Link nofollow cocok diberikan kepada situs affiliate yang kita tautkan dalam postingan.
Karena terlalu banyak membuat link keluar apalagi ke situs affiliate akan terbaca spam oleh Google, sehingga mengurangi posisi blog di mesin pencarian.
Penerapan link nofollow dan dofollow sebenarnya adalah ilmu SEO paling dasar, yang banyak tidak diterapkan para blogger.
Jadi, jika harus memberi link kepada situs yang belum jelas kedudukannya, lebih baik dalam bentuk nofollow.
Terimakasih, penjelasannya sangat lengkap. Ini baru saya paham
DeleteSangat lengkap sekali penjelasanya semuanya terangkum dan bisa membantu bagi para newbie
ReplyDeleteKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
ReplyDeleteTerima kasih infonya bang..
ReplyDeleteSaia masih berusaha menghidupkan kembali blog setelah beli domain...
Semoga traffic para blogger meningkat setelah memaksimalkan seo off dan on page. Amin
ReplyDeleteMantap, sangat detail pembahasannya, makasih mas...
ReplyDeletetutorialnya sangat bermanfaat gan, iweblogsite
ReplyDelete