Skip to main content

Cara mengatasi link error di webmaster (404 not found)

Cara mengatasi link error di webmaster (404 not found), Baiklah sahabat cybermusirawas akan kami panduan lanjutan dal;ammenggunmakan alat google webmaster tools pada menu remove link yaitu Cara mengatasi link artikel yang error di webmaster atau gtoogle search console (404 not found). namun sebelum kalian melkukan langkah-langkah  mengatasi link error inbi maka sebaiknya kamu tahu juga tentang penyebab-penyebab link error di google webmaster tool yaitu sebagi berikut:

Penyebab munculnya link url error di webmaster

Sebenarnmya luamayn banyak sebab-sebab adanya li9nk yang error di alat google webmaster namun disini akan saya bagikan sepengetahuan saya pribadi sesuai ngeblog selama ini yaitu:
  1. Adanya artikel yang telah kamu hapus, namun link artikel telah terindex di google, sehingga masih belum di hapus pada alat web master, solusi yang ini adalah hapus url link artikel yang error tadi
  2. Kedua yaitu kamu pernah menghapus artikel/posting namun hasil share seeprti di google plus, twitter, facebook dan lain sebagainya belum kamu hapus juga, dadi akan mengakibatkan error karena linki artikel sudah tidak ada/di hapus
  3. ganti nama domain blog, yang sebenarnya yang ini jangan sampai terjadi jika kalian sudah banyak posting/artikel karena dengan mengganti url blog maka bisa mengakibatkan semua link eksternal akan mengalami error. misalkan cybermusirawas.blogspot.com saya rumabh menjadi cybermusi.blogspot.com, solusi yang ini jika saja anda terlanjur merubah nama url domain blog maka kamu harus melakukan edit besar-besaran dengan merubahy link eksternal atau backlink yang tertaut pada artikel mengarah pada nama domain yang baru.
  4. baru upgrade dari blogspot ke TLD atau ,com, yang ini bisa saja terjadi namun tidak terlalu bahaya anda hanya di minta tandai saja bahwa sudah di perbaiki (jika memang link tersebut ada kontennya)

Lalu bagaimanakah cara mengatasinya? Disini akan saya bagikan Cara mengatasi link error di webmaster (404 not found) dengan dua cara yaitu:
  1. Menghapus link yang error pada laman yang tidak di temukan/ tidak ada konten/memang benar-benar telah di hapus
  2. Submite ulang atau tandai telah di perbaiki, pada link yang jika di buka masih bisam terbuka dan terdapat kontennya

1. Cara menghapus link error di webmaster (404 not found)

Panduan pertama yaitu Cara mengatasi link error di webmaster (404 not found) dengan cara menghapusnya melalui alat remove link url pada alat google webmater berikut adalah langkah-lanmgkahnya:
  1. Pertama ambil/copy link artikel yang error tadi
  2. kemudian kamu kinjungi Google webmaster/ search console
  3. pilih menu Google indeks >> kemudian pilih Hapus Url >> lalu pilih Sembunyikan sementara
  4. dan silahkan kamu masukkan link url yang error tadi/paste jika sudah kamu copy, dan klik Terus untuk lebih jelasnya kamu perhatikan pada gambar berikut:

Cara mengatasi link error di webmaster (404 not found)

2. Cara memperbaiki link error 404 not found

Cara ini bisa kalian terapkan jika kamu kedapatan link url artikel ada laporan 404 not found pada alat google webmaster atau search console namun setelah di kunjungi linknya ternyata masih terbuka dan ada kontennya, artinya artikel masih ada namun ada laporan 404 not found, walaupun laporan 404 not found itu tidak seberapa bahayanya, namun bisa saja merusak pemandangan webmaster maupun SEO (Search engine optimization) seperti yang admin cybermusirawas rasakan saat membuka webmaster, adapun langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Kunjungi alat google webmaster
  2. Pilih menu Kesalahan perayapan jika terdapat laporan pada Kesalahan Situs Tidak ada kesalahan yang terdeteksi dalam 90 hari terakhir. maka Bagus dan tidak perlu kamu laukan perbaikan. dan juga pada Kesalahan URL Tidak ada laporan kesalahan yang terdeteksi dalam 90 hari terakhir. maka bagus pula dan tidak perlu kamu perbaiki link error, karena memang tidak ada yang error
  3. jika ada laporan "404 not found" maka silahkan kamu klik link, dan silahkan kunjungi linknya, kira-kira masih terbuka atau tidak? jika masih terbuka berarti klik "tandai telah di perbaiki" lalu klik tombol submite, dan jika linki tidak terbuka dan tampil peringatan 404 not found berarti link url harus kamu hapus menggunaakan langkah cara 1 di atas.

Demikianlah Cara mengatasi link error di webmaster (404 not found) dengan du langkah sesuai penglamaanku selama ngeblog dan alhamdulillah pada ahirnya di terima google AdSense. Simak panduan lanjutan Cara submite artikel/ posting blog di webmaster (ambil sebagai google)

Comments

  1. menu google consule saya cuma ada home pesan dan sumber daya lain nya gak ada google indexs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ada mas, kan ada menu drop down/navigasi mas, klik saja menu tersebut nantinya akan terbuka menu-menu ke bawah.

      atau kemungkinan internet anda masih lemah, jadi coba load ulang agar bisa terbuka secara sempurna, untuk membuka laman webmaster tools memang lumayan berat.

      Delete
  2. kadang di webmasters suka muncul kya gitu ya link yang eror, apakah bisa juga mas kalau link yang eror itu diredirect saja biar indeknya ngga ilang dan diredirect ke halaman yang masih berhubungan dengan yang eror tadi sehingga linknya tidak mubazir hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja sist.., apalagi jika link error tadi sudah terlanjur lumayan banyak pengunjungnya, benar sekali eman atau sayang he...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Koperasi RIASPURWALODON Jilid 1

RIASPURWALODON, Sebuah dongeng yang mengisahkan sebuah Urgennya dedikasi kebersamaan dalam Kesejahteraan ekonomi bersama, Sebuah dongeng pengantar tidur siang. RIASPURWA, adalah Kisah zaman 1 juta tahun lalu. Kisah ini di angkat dari Kisah nyata dan dikemas dalam bentuk dongeng. Sumber: https://opop.jatimprov.go.id/ Zaman dulu sekitar 1 juta tahun yang lalu, di Negeri Mira wilayah Purwa terdapat sebuah kelompok orang yang bertekad mendirikan kesejahteraan bersama dalam istilah keren era modern dengan kata bisnis, yaitu bisnis secara bersama untuk kepentingan bersama, artinya dari kita untuk kita, dari kelompok untuk kelompok, susah suka bersama. Maka berdirilah sebuah dedikasi untuk kesejahteraan bersama dari berbagai kalangan, diera modern dikenal dengan sebutan Koperasi. Ya, sebuah bisnis dalam bidang keuangan yang dilakukan secara kebersamaan, untuk kesejahteraan bersama untuk anggotanya. Cukup masuk akal jika yang memiliki dedikasi mantab diharuskan iuran wajib jika ingin masuk seb

10 Alternatif Google Adsense Terbaik untuk Blogger 2017

Apakah Anda mencari beberapa alternatif AdSense yang efektif untuk memonetisasi blog Anda? AdSense memiliki potensi penghasilan yang bagus jika lalu lintas Anda berasal dari negara barat atau memiliki jumlah pengunjung yang bagus. Namun, Anda mungkin ingin memiliki beberapa sumber penghasilan lain yang bisa memberi Anda jumlah yang bagus selain AdSense di blog Anda. Jika AdSense Anda dilarang atau Anda berada dalam niche yang tidak mendapatkan persetujuan dari AdSense, artikel ini akan membantu Anda dengan aliran penghasilan yang serupa dan bahkan lebih baik lagi. Mengapa Anda Harus Mencari Alternatif AdSense? Jika Anda bertanya-tanya mengapa Anda harus mencari alternatif AdSense di tempat pertama di sini adalah beberapa alasan yang mungkin bisa membantu Anda: Akun AdSense Anda dilarang , atau mungkin Anda tidak pernah disetujui untuk program AdSense karena niche Anda. Anda mencari monetisasi yang berarti memiliki ROI lebih banyak daripada AdSense:  Ada cara tak berujung untuk menghasi