Skip to main content

13 Hal yang Wajib untuk Desain Web SEO Friendly

Pemeriksaan realita: Google tidak peduli jika situs Anda terlihat cantik.

Desain web penting. Ini sangat penting. Anda ingin situs web Anda menangkap audiens Anda. Pelanggan lebih suka mengonversi situs web yang modern dan profesional. Tapi mesin pencari tidak mendasarkan peringkat pada seberapa cantik situs Anda.

Desain Web SEO
Image by: pixabay

Jika Anda telah menghabiskan banyak waktu di Google, Anda pasti pernah menemukan banyak situs jelek di dekat peringkat teratas.

Mungkin salah satu situs jelek itu malah mengungguli Anda. Sudah cukup menyebabkan pemilik bisnis mengalami serangan panik.

Setelah menghabiskan semua uang itu di situs baru Anda yang menarik perhatian, Anda akhirnya kehilangan diri dari sesuatu yang terlihat seperti seorang berusia 10 tahun yang merancangnya dua puluh tahun yang lalu.

Tapi inilah masalahnya: situs Anda tidak bisa hanya cantik. Cukup hanya mengubah jika pelanggan potensial Anda menemukannya. Situs jelek dengan banyak pengunjung umumnya melakukan heck of a jauh lebih baik daripada situs cantik tanpa pengunjung.

Desain Web SEO

Itu tidak berarti Anda harus tetap dengan situs usang itu sekalipun. Situs web baru yang menggunakan praktik terbaik dan desain berbasis data hampir selalu mengungguli hal lama. Tapi jika Anda ingin situs web baru tampil, Anda harus lebih fokus pada tampilannya.

Cue SEO-friendly desain web. Meski SEO dan desainer web terkadang diadu sebagai musuh, desain berkualitas di lanskap digital saat ini membutuhkan keharmonisan di antara keduanya.

Desain web tanpa SEO ibarat membiarkan orang buta merakit mesin Ferrari Anda.

Seperti apa desain ramah SEO itu? Berikut adalah 13 elemen yang harus disertakan dalam hampir semua situs web baru.

1. DESAIN RESPONSIF

Kita tidak perlu masuk ke keseluruhan "usia mobile". Jika Anda belum mengetahui pentingnya mobile, maka Anda harus banyak melakukan penangkapan.

Situs SEO-friendly saat ini responsif, artinya terlihat dan berfungsi hebat di setiap perangkat.

Dengan penggunaan seluler yang naik dan mesin telusur lebih menekankan pada keramahan seluler, sangat tidak masuk akal untuk merancang situs web yang tidak responsif. Bahkan Google mengatakan responsif yang terbaik .

Desain Web SEO


2. SISTEM MANAJEMEN KONTEN YANG TEPAT

Konten adalah raja. Anda tidak bisa berprestasi dengan baik dalam pencarian tanpa konten. Tapi hanya memiliki konten saja tidak cukup.

Anda harus dapat mengelola dan menyajikan konten itu dengan cara yang dapat dilihat oleh mesin telusur. Hampir setiap website membutuhkan sistem manajemen konten.

Apakah Anda menggunakan WordPress, Drupal, Magento, atau yang lainnya, Anda akan memiliki lebih banyak kendali atas konten Anda-dan lebih banyak kesuksesan di hasil pencarian.

HALAMAN TERJAGA DAN INDEXABLE

Mesin pencari tidak dapat menentukan peringkat yang tidak dapat mereka lihat. Anda bisa memiliki situs web terindah dengan konten terbesar di alam semesta, tapi itu tidak berarti apa-apa jika halaman Anda tidak dapat dirayapi dan dapat diindeks.

Desain Web SEO

Seorang pengembang web harus tahu cara meluncurkan situs web sehingga mesin telusur dapat mulai merangkak dan mengindeks dengan segera. Jika tidak, Anda mungkin menemukan diri Anda memiliki situs hebat yang tidak dapat ditemukan oleh siapa pun.

4. STRUKTUR URL RAMAH


Manakah dari tautan berikut yang lebih cenderung Anda kunjungi:

www.contohsaja.com/post/868658990554322

www.contohsaja.com/desain-web-seo

Nah, jika Anda mencari perancang web di Minneapolis, Anda mungkin memilih yang kedua. Tapi jika Anda mencari kejutan, Anda bisa mengklik yang pertama.

Seperti yang bisa Anda bayangkan, mesin pencari tidak menyukai kejutan. Mereka ingin menyajikan hasil yang segera menjawab permintaan pengguna. Desain web yang ramah SEO harus memiliki struktur URL logis.

5. WAKTU LOAD CEPAT

Orang-orang benci menunggu. Begitu juga search engine. Jika situs web Anda tidak memuat dengan cepat, Anda akan kehilangan pelanggan. Anda juga akan kehilangan lalu lintas. Google telah menguji beberapa variasi label "lamban memuat" di hasil penelusuran seluler.

Desain Web SEO

Seperti yang mungkin bisa Anda tebak, semua jenis pesan peringatan akan menyakiti rasio klik-tayang Anda, yang pada akhirnya akan menyakiti peringkat Anda. Jadikan situs web Anda cepat atau tonton pelanggan Anda melarikan diri.

6. FLASH ... TIDAK

Jangan gunakan flashdisk. Mesin pencari membencinya. Banyak perangkat juga tidak menyukainya.

Oke, mungkin itu agak kasar. Mungkin ada beberapa kasus di mana flash dapat diterima. Tapi jika ingin SEO friendly, Anda harus mengarahkan jelas (atau setidaknya memberikan alternatif). Jika Anda harus menggunakan lampu kilat, ingatlah peraturan ini:
  • Jangan membuat seluruh situs berkedip
  • Jangan gunakan lampu kilat untuk navigasi
  • Jangan menaruh teks Anda dalam keadaan flash

7. BATASI JAVASCRIPT

JavaScript memungkinkan Anda melakukan banyak hal keren dengan situs web Anda. Tapi beberapa pengembang terbawa arus. Kami bahkan pernah melihat kasus ekstrem di mana semua konten di situs dimuat dengan JavaScript. Itu seperti SEO-friendly seperti memanggil Google dan mengatakan kepada mereka bahwa Anda tidak ingin diindeks. Tidak apa-apa menggunakan JavaScript, tapi jangan berlebihan. Mesin pencari tidak memiliki banyak toleransi.

8. OPTIMALKAN GAMBAR TERSEBUT

Desain web membutuhkan banyak gambar indah yang indah, bukan?Gambar itu pasti bisa terlihat bagus, tapi pastikan mereka dioptimalkan.

Gambar perlu dikompres semaksimal mungkin (tanpa mengorbankan kualitas, tentu saja). Jika tidak, mereka akan memperlambat seluruh situs Anda.

Dan jangan lupa alt tags. Setiap gambar seharusnya memiliki tag alt yang memberi sedikit informasi tentang gambar itu. Beberapa pengembang membuat tag alt hampir tidak mungkin ditambahkan, dan yang lainnya menyetel semua tag alt ke nama perusahaan. Tidak begitu SEO-friendly, eh?

9. INTEGRASI MEDIA SOSIAL

Desain Web SEO

Media sosial agak besar. Ada korelasi positif yang cukup besar antara hasil pencarian yang tinggi dan aktivitas media sosial. Situs web Anda perlu diintegrasikan dengan media sosial. Ini tidak hanya berarti menampar beberapa link di footer. Buatlah mudah untuk berbagi produk, posting, dan halaman. Sebenarnya hubungkan profil sosial tersebut ke situs web Anda.Ini akan meningkatkan visibilitas Anda dan memberi lebih banyak perhatian di semua lini.

10. GUNAKAN BREADCRUMBS

Anda ingin bisa kembali dari mana asalnya? Mesin pencari pasti mengira Anda seharusnya bisa melakukannya. Breadcrumbs (jalan kecil navigasi) umumnya merupakan praktik terbaik SEO.

Mereka membuat navigasi menjadi mudah. Mesin pencari menyukai navigasi yang mudah. Mereka bahkan menunjukkan remah roti di hasil penelusuran seluler . Apakah kamu harus memilikinya? Nggak. Ada kalanya hal itu tidak masuk akal. Tetapi jika Anda memiliki beberapa lapisan navigasi - dan terutama jika Anda memiliki situs e-commerce - mungkin Anda membutuhkannya.

11. BERSIHKAN KODE ANDA


Ini bisa memakan banyak kode untuk membuat semua hal mengagumkan terjadi di situs web. Yang memunculkan dua poin:

Perancang yang baik tidak menjejalkan situs begitu penuh dengan hal-hal sehingga tidak mungkin untuk mengatakan apa yang sedang terjadiPengembang yang baik tahu bagaimana meminimalkan kode dan masih membuat sesuatu terjadi

Semakin banyak kode yang Anda miliki, semakin banyak hal yang berhubungan dengan mesin pencari. Segalanya bisa tampil dengan baik di frontend, tapi crawler mesin pencari mungkin akan melihat beberapa hal yang sangat gila berkat kode kembung Anda. Atau mereka mungkin tidak bisa melihat apapun sama sekali.

12. JADIKAN NAVIGASI MUDAH UNTUK SEMUA ORANG

Pengunjung Anda harus bisa menemukan ke mana mereka harus pergi.Begitu juga dengan mesin pencari. Ya, kita sudah berbicara sedikit tentang navigasi dengan remah roti, tapi masih banyak lagi gambarnya. Menu Anda perlu berguna. Halaman Anda harus dihubungkan dengan benar. Jika pengguna Anda bingung dengan navigasi Anda, maka kemungkinan mesin pencari juga tidak mengetahuinya. Dan coba tebak apa yang terjadi saat search engine tidak mengetahui cara menavigasi situs Anda.

13. GUNAKAN ELEMEN KANAN PADA WAKTU YANG TEPAT

Pengguna Anda mungkin tidak memperhatikan jika pengkodean Anda rusak. Tapi mesin pencari mungkin akan. Penting untuk memanggil elemen seperti CSS dan JavaScript pada waktu yang tepat dalam kode. Jika tidak, hal-hal yang mungkin akan berakhir dengan cara yang salah untuk crawler.Jangan berharap perayap mencoba mengetahuinya. Heck, mereka bahkan mungkin beralih ke situs berikutnya sebelum mereka sempat melihat keseluruhan homepage Anda.

Kesimpulan

Desain web yang ramah SEO bukanlah hal yang mudah atau cepat diperbaiki. Ini tentu bukan masalah hanya memasang plugin SEO di situs WordPress Anda. Agar website menjadi benar-benar SEO friendly, dibutuhkan perencanaan yang matang, smart design, dan expert coding.

Comments

Popular posts from this blog

Koperasi RIASPURWALODON Jilid 1

RIASPURWALODON, Sebuah dongeng yang mengisahkan sebuah Urgennya dedikasi kebersamaan dalam Kesejahteraan ekonomi bersama, Sebuah dongeng pengantar tidur siang. RIASPURWA, adalah Kisah zaman 1 juta tahun lalu. Kisah ini di angkat dari Kisah nyata dan dikemas dalam bentuk dongeng. Sumber: https://opop.jatimprov.go.id/ Zaman dulu sekitar 1 juta tahun yang lalu, di Negeri Mira wilayah Purwa terdapat sebuah kelompok orang yang bertekad mendirikan kesejahteraan bersama dalam istilah keren era modern dengan kata bisnis, yaitu bisnis secara bersama untuk kepentingan bersama, artinya dari kita untuk kita, dari kelompok untuk kelompok, susah suka bersama. Maka berdirilah sebuah dedikasi untuk kesejahteraan bersama dari berbagai kalangan, diera modern dikenal dengan sebutan Koperasi. Ya, sebuah bisnis dalam bidang keuangan yang dilakukan secara kebersamaan, untuk kesejahteraan bersama untuk anggotanya. Cukup masuk akal jika yang memiliki dedikasi mantab diharuskan iuran wajib jika ingin masuk seb

10 Alternatif Google Adsense Terbaik untuk Blogger 2017

Apakah Anda mencari beberapa alternatif AdSense yang efektif untuk memonetisasi blog Anda? AdSense memiliki potensi penghasilan yang bagus jika lalu lintas Anda berasal dari negara barat atau memiliki jumlah pengunjung yang bagus. Namun, Anda mungkin ingin memiliki beberapa sumber penghasilan lain yang bisa memberi Anda jumlah yang bagus selain AdSense di blog Anda. Jika AdSense Anda dilarang atau Anda berada dalam niche yang tidak mendapatkan persetujuan dari AdSense, artikel ini akan membantu Anda dengan aliran penghasilan yang serupa dan bahkan lebih baik lagi. Mengapa Anda Harus Mencari Alternatif AdSense? Jika Anda bertanya-tanya mengapa Anda harus mencari alternatif AdSense di tempat pertama di sini adalah beberapa alasan yang mungkin bisa membantu Anda: Akun AdSense Anda dilarang , atau mungkin Anda tidak pernah disetujui untuk program AdSense karena niche Anda. Anda mencari monetisasi yang berarti memiliki ROI lebih banyak daripada AdSense:  Ada cara tak berujung untuk menghasi

Cara mengatasi link error di webmaster (404 not found)

Cara mengatasi link error di webmaster (404 not found), Baiklah sahabat cybermusirawas akan kami panduan lanjutan dal;ammenggunmakan alat google webmaster tools pada menu remove link yaitu Cara mengatasi link artikel yang error di webmaster atau gtoogle search console (404 not found). namun sebelum kalian melkukan langkah-langkah  mengatasi link error inbi maka sebaiknya kamu tahu juga tentang penyebab-penyebab link error di google webmaster tool yaitu sebagi berikut: Penyebab munculnya link url error di webmaster Sebenarnmya luamayn banyak sebab-sebab adanya li9nk yang error di alat google webmaster namun disini akan saya bagikan sepengetahuan saya pribadi sesuai ngeblog selama ini yaitu: Adanya artikel yang telah kamu hapus, namun link artikel telah terindex di google, sehingga masih belum di hapus pada alat web master, solusi yang ini adalah hapus url link artikel yang error tadi Kedua yaitu kamu pernah menghapus artikel/posting namun hasil share seeprti di google plus, twit