Skip to main content

Cara membuat blog sendiri

Cara membuat blog sendiri, Baiklah pemirsa blog Cybermusirawas, dalam rangka membangun sebuah blog tentunya kalian butuh dengan panduan yang lengkap dari a sampai z, Nah pada kesempatan awal saya membuat sebuah tutorial mengenai Dunia blogging akan saya bagikan kepada kalian tentang Cara membuat sebuah blog sendiri. secara global teknik pembuatan blog/website ada dua macam yaitu membuat blog dengan domain gratis dan membuat blog/website menggunakan Domain berbayar (Menyewa Domain seperti .com, .net, .co.id, id dan lain sebagainya) dan di sini akan saya ulas kedua macam pembuatan blog tersebut secara lengkap hingga anda bisa mengelolanya dengan baik.

Untuk apa sih blog itu?

Jika anda bertanya-tanya sebenarnya blog atau website i untuk apa dan apa manfaatnya? Sebenarnya sangat banyak manfaat dari sebuah blog baik secara pribadi maupun organisasi, dan pada intinya bisa kita gunakan sebagai media informasi berbagi yang memberikan sebuah manfaat bagi pengunjung blog itu sendiri. selain dari pada itu bisa saja blog yang kita kelola tersebut bisa menghasilkan uang atau dollar jika memang traffik pengunjung sudah lumayan baik. jadi sebelum anda membuat sebuah blog maka anda pikirkan terlebih dahulu:
  1. Apa hobby anda?
  2. Sebesar apa Kreatifitas cara anda?
Jadi Blog yang anda kelola nantinya bisa anda isi dengan materi-materi yang sesuai dengan hobby anda, jika saja anda isi dengan materi yang tidak sesuai dengan hobby yang anda miliki kemungkinan anda akan merasa terpaksa sehingga nantinya bisa membuat anda jenuh sendiri, jadi tentukan topik sesuai hobby.

Begitu juga untuk kreatifitas seorang blogger itu juga sangat di tunggu-tunggu jangan hanya sebatas blogging saja namun bisa anda kembangkan ke dunia marketting, Aplikasi, dan cyber-cyber yang lain yang berkenaan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang bisa saja menuai hasil yang melimpah.

Alat-alat untuk calon Blogger Proffesional

Begitu juga dengan alat-alat yang harus di miliki oleh seorang bligger adalah sebagai berikut:

  1. Komputer/laptop, bagaimana dengan android..? Jika ingin menjadi Blogger Proffesional maka jangan hanya mengandalkan android yang akan menyiksa mata anda sendiri, usahakan menggunakan Pc.
  2. Modem untuk Data internet, punya komputer atau laptope tanpa kuota data tidak bisa di pakai internetan, jadi persiapkan modem untuk browsing. Tidak mampu membeli Modem..? Bisa anda manfaatkan Android sebagai modem, tidak punya android..? Bisa anda nebeng wifi tetangga. Tetangga tidak punya wifi juga..? Maka stop saja anda di sini dan silahkan aktifitas di dunia nyata saja :).
Alat Pendukung :
  1. Android, bisa anda gunakan sebagai pengambilan gambar apalagi kamu yang hobby dengan petualang/berwisata ria.
  2. Kabel data, untuk pengambilan hasil foto/vidio di android anda agar android tidak cepat penuh agar awet.
  3. Card rider, bisa anda gunakan untuk mengambil data pada cartu memori dari berbagai versi baik micro maupun makro.
  4. Flasdish, untuk meminta file-file yang kita anggap penting untuk kita manfaatkan.


Baiklah langsung saja demikianlah 2 langkah Cara membuat blog sendiri baik secara gratis maupun berbayar:

1. Cara membuat blog di Blogger

Cara yang pertama adalah Cara membuat blog sendiri di Blogger, yaitu sebuah layanan pembuatan blog gratis dari Google, sebenarnya tidak harus di blogger namun bisa menggunakan layanan Wordpres juga, namun menurut penilaian kami lebih baik di Blogger karena lebih bersahabat dengan Google karena memang Blogger adalah salah satu layanan dari Google, sedangkan Browser Google sudah tidak di ragukan lagi sangat banyak penggunanya. Jadi di sini akan saya bagikan Cara membuat blog sendiri secara gratis menggunakan layanan Blogger milki Google Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama silahkan anda kunjungi laman Blogger
  2. Silahkan anda Daftar menggunakan email yang telah anda miliki, jika belum punya email maka anda bisa buat email terlebih dahulu, jadi simak terlebih dahulu Macam-macam Email dan cara membuatnya
  3. Masukkan passwordnya (Password ini untuk loging ke blog nantinya) tidak harus password email anda
  4. Dan nantinya akan terbuka sebuah Dassboard blogger dan pilih "Buat Blog baru" atau "Creat blog"
  5. Silahkan anda masukkan nama Blog yang anda inginkan :
    Cara membuat blog sendiri
  6. Isi Judul blog yang anda inginkan, kedua Masukka url blog yang anda inginkan (pastikan url yang masih tersedia) dengan di tandai centang biru di sisi kanannya.
  7. Pilih tema/template blog yang anda inginkan (Pilih saja yang sederhana), nantinya tema ini bisa kita rubah sewaktu-waktu

Blog gratisan dari Blogger anda kini telah tercipta, tinggal anda isi dengan materi yang menurut anda bermanfaat bagi pengunjung anda nantinya (Susuai hobby saja ya..). Untuk membuat sebuat artikel atau Posting blog maka bisa anda mulai dengan klik "buat entri" baru, dan jika artikel telah anda anggap selesai maka klik "Publish" untuk mempublikasikannya. Dan kini artikel anda telah siap di lihat dunia.

2. Cara membuat blog dengan Domain Berbayar

Nah untuk cara yang kedua yaitu kita akan membuat blog sendiri dengan domain tingkat atas atau TLD (Top Level Domain) sehingga nantinya blog/website anda akan memilki embel-embel sesuai keinginan semisal .com .net .id dan dot-dot lainnya, tidak seperti blog gratisan dari blogger di atas yang akan memilki embel-embel atau ahiran blogspot.com, jadi apapun nama blognya yang memilki embel-embel blogspot berarti membuatnya di Blogger. Lalu apa saja persiapannya untuk membuat blog sendiri dengan omain berbayar..?
  1. Nama url domain blog (semisal : cybermusirawas.com) cybermusirawas adalah nama domain blog, selagi nama url belum di gunakan oleh blogger lain maka bisa saja kita gunakan.
  2. Sewa domain pada jasa penyedia (Semisal Niagahoster dari Indonesia, godaddi dari Amerika atau yang lainnya)
  3. Hosting blog (Bisa hosting gratis maupun berbayar), hosting adalah untuk penyimpanan data-data blog.

Apakah bisa blog saya yang blogspot tadi saya buat menjadi .com dalam arti tidak gratisan lagi..? jawabannya sangat bisa, buktinya seperti pada blog yang sedang anda baca ini, yaitu yang awalnya cybermusirawas.blogspot.com dan sekarang menjadi cybermusirawas.com, sangat bisa kan..?, karena belum lama ini saya menyewa domain berbayar di salah satu jasa penyedia dengan harga yang relatif murah menrut saya (karena lagi promo) jadi di sini akan saya bagikan sekalian langkah-langkah merubah blog blogspot menjadi .com yaitu menjadi blog/website berdomain TLD dan bukan gratisan lagi. Sehubungan langkah-langkah ini lumayan panjang maka Insyaallah langkah-langkahnya akan saya bagikan pada post berikutnya, Karena masalah ini bisa kita setting kapan saja dan saat longgar waktunya. dan yang lebih penting saat ini adalah silahkan anda lanjutkan belajarnya mengenai dunia Blogging yaitu Langkah-langkah menulis artikel blog di Blogger

Comments

Popular posts from this blog

Koperasi RIASPURWALODON Jilid 1

RIASPURWALODON, Sebuah dongeng yang mengisahkan sebuah Urgennya dedikasi kebersamaan dalam Kesejahteraan ekonomi bersama, Sebuah dongeng pengantar tidur siang. RIASPURWA, adalah Kisah zaman 1 juta tahun lalu. Kisah ini di angkat dari Kisah nyata dan dikemas dalam bentuk dongeng. Sumber: https://opop.jatimprov.go.id/ Zaman dulu sekitar 1 juta tahun yang lalu, di Negeri Mira wilayah Purwa terdapat sebuah kelompok orang yang bertekad mendirikan kesejahteraan bersama dalam istilah keren era modern dengan kata bisnis, yaitu bisnis secara bersama untuk kepentingan bersama, artinya dari kita untuk kita, dari kelompok untuk kelompok, susah suka bersama. Maka berdirilah sebuah dedikasi untuk kesejahteraan bersama dari berbagai kalangan, diera modern dikenal dengan sebutan Koperasi. Ya, sebuah bisnis dalam bidang keuangan yang dilakukan secara kebersamaan, untuk kesejahteraan bersama untuk anggotanya. Cukup masuk akal jika yang memiliki dedikasi mantab diharuskan iuran wajib jika ingin masuk seb

10 Alternatif Google Adsense Terbaik untuk Blogger 2017

Apakah Anda mencari beberapa alternatif AdSense yang efektif untuk memonetisasi blog Anda? AdSense memiliki potensi penghasilan yang bagus jika lalu lintas Anda berasal dari negara barat atau memiliki jumlah pengunjung yang bagus. Namun, Anda mungkin ingin memiliki beberapa sumber penghasilan lain yang bisa memberi Anda jumlah yang bagus selain AdSense di blog Anda. Jika AdSense Anda dilarang atau Anda berada dalam niche yang tidak mendapatkan persetujuan dari AdSense, artikel ini akan membantu Anda dengan aliran penghasilan yang serupa dan bahkan lebih baik lagi. Mengapa Anda Harus Mencari Alternatif AdSense? Jika Anda bertanya-tanya mengapa Anda harus mencari alternatif AdSense di tempat pertama di sini adalah beberapa alasan yang mungkin bisa membantu Anda: Akun AdSense Anda dilarang , atau mungkin Anda tidak pernah disetujui untuk program AdSense karena niche Anda. Anda mencari monetisasi yang berarti memiliki ROI lebih banyak daripada AdSense:  Ada cara tak berujung untuk menghasi

Cara mengatasi link error di webmaster (404 not found)

Cara mengatasi link error di webmaster (404 not found), Baiklah sahabat cybermusirawas akan kami panduan lanjutan dal;ammenggunmakan alat google webmaster tools pada menu remove link yaitu Cara mengatasi link artikel yang error di webmaster atau gtoogle search console (404 not found). namun sebelum kalian melkukan langkah-langkah  mengatasi link error inbi maka sebaiknya kamu tahu juga tentang penyebab-penyebab link error di google webmaster tool yaitu sebagi berikut: Penyebab munculnya link url error di webmaster Sebenarnmya luamayn banyak sebab-sebab adanya li9nk yang error di alat google webmaster namun disini akan saya bagikan sepengetahuan saya pribadi sesuai ngeblog selama ini yaitu: Adanya artikel yang telah kamu hapus, namun link artikel telah terindex di google, sehingga masih belum di hapus pada alat web master, solusi yang ini adalah hapus url link artikel yang error tadi Kedua yaitu kamu pernah menghapus artikel/posting namun hasil share seeprti di google plus, twit